Standar Pelayanan Publik


 


  Dasar Hukum :

  • UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.
  • UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.
  • Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 / KEP / M.PAN / 7 / 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
  • Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor per / 20 / M.PAN / 04 / 2006 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik.
  • Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2005 tentang Tata Kearsipan.
  • Peraturan Bupati Nomor 48 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik di  Lingkungan Pemerintah Kab. Malang
  • Peraturan Bupati Malang Nomor 33 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah Badan Perpustakaan Arsip Dan Dokumentasi Kabupaten Malang.
  • Peraturan Bupati Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Tata Kearsipan.
  • Keputusan Bupati Nomor 34 Tahun 2003 Tentang Jadual Retensi Arsip Pemerintah Kabupaten Malang
  • Keputusan Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Malang Nomor 180/271/KEP/421.211/2010 Tanggal  7 Juli 2010 tentang Standart Pelayanan Publik Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Malang.
     

JENIS PELAYANAN :

  • Layanan Kartu Tanda Anggota (KTA);
  • Layanan Sirkulasi (Peminjaman dan Pengembalian Buku);
  • Layanan Kerjasama Pinjam Pakai Buku Koleksi Perpustakaan;
  • Layanan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK);
  • Layanan Pembinaan Perpustakaan;
  • Layanan Bimbingan Pengolahan Buku;
  • Layanan Jasa Pembenahan  Arsip;
  • Layanan Jasa Perawatan Arsip ( Fumigasi );
  • Layanan Jasa Penyimpanan Arsip;
  • Layanan Pinjam Baca Referensi dan Dokumen.
     

 B.    STANDAR PELAYANAN

No.

Prosedur Pelayanan Persyaratan Sarana dan Prasarana Waktu Penyelesaian Biaya Pelayanan/Alur

1

Layanan Kartu Tanda Anggota (KTA)

  • Petugas pelayanan menyampaikan formulir pendaftaran anggota.
  • Pemustaka mengisi formulir dan dilampiri foto copy KTP/Kartu Pelajar/SIM/Identitas lain.
  • Petugas pelayanan memproses sesuai data yang telah diisi oleh pemustaka.
  • Kasubbid pelayanan meneliti dan memberi paraf.
  • Kabid Pengembangan Perpustakaan memberikan paraf.
  • Formulir yang telah diparaf diajukan kepada Kepala Badan untuk ditandatangani disertai berkas secara lengkap. 
Persyaratan Kartu Tanda Anggota :
  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Foto Copy KTP/Kartu Pelajar/SIM 1 (satu) lembar
  •  Pas foto berwarna ukuran    3 x 3 sebanyak 2 lembar.
 

Untuk Petugas Pelayanan :

  • Kertas doorslag
  • Plastik Kartu Tanda Anggota
  • Komputer
  • Meja Front Office
  • Kursi pelayanan

Kompetensi Petugas :

  • Ijazah SMA atau sederajat
  • Mampu mengoperasikan komputer
  • Aktif, inovatif dan kreatif
  • Ramah dan sopan
  • Seragam khusus pelayanan
  • Khusus untuk penyandang cacat , petugas harus membantu dalam pelayanannya

Untuk Pelanggan :

  • Ruang tunggu
  • Kotak Saran
  • Locker
  • Media Cetak (leaflet, Brosur dll.)
1 ( satu ) hari Tidak ada biaya
 2 Layanan Sirkulasi (Peminjaman dan Pengembalian) :

a.    Peminjaman :
  • Pemustaka datang ke Perpustakan Umum.
  • Pemustaka memasukan tas dan jaket ke dalam loker yang telah disediakan.
  • Pemustaka mengisi buku daftar hadir pemustaka.
  • Pemustaka memilih sendiri buku yang diinginkan, bisa langsung menuju rak buku atau melalui katalog judul buku yang telah disediakan di komputer maupun manual Katalognya.
  • Buku yang dipilih maximum 3 eksemplar ( kecuali buku referensi hanya baca di tempat ) dibawa ke petugas pelayanan untuk dicatat tanggal pinjam, judul buku, nama peminjam dan tanggal pengembalian.
  • Buku bisa dibawa pulang untuk dipinjam selama 3 hari bagi pemustaka yang sudah memiliki KTA
  • Bagi pemustaka yang belum mempunyai KTA cukup baca ditempat.
b.    Pengembalian :
  • Pemustaka datang ke petugas pelayanan untuk mengembalikan buku yang telah dipinjam.
  • Petugas pelayanan mencatat di buku peminjam dalam kolom tanggal pengembalian.
  • Apabila pemustaka ingin meminjam lagi bisa langsung ke ruang baca untuk proses peminjaman kembali.
 
Persyaratan Peminjaman dan Pengembalian :
  • Memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA)
  • Jumlah buku yang dipinjam maksimal 3 (tiga) eksemplar
  • Jangka waktu pinjamam maksimal 3 (tiga) hari dan bisa diperpanjang s.d 5 hari.
  • Apabila buku yang dipinjam hilang harus diganti sesuai judul atau judul lain yang sejenis.
 
 Untuk Petugas Pelayanan :
  • Alamari Laci Katalog;
  • Tempat Penyimpanan KTA/Identitas lainnya;
  • Meja kursi front office;
  • Buku daftar hadir pemustaka;
  • Buku daftar pinjaman;
  • Buku bacaan;
  • Meja kursi baca;
  • Sarana perpustakaan lainnya.

Kompetensi Petugas :
  • Ijazah SMA atau sederajat
  • Mampu  mengoperasikan komputer
  • Aktif, inovatif dan kreatif
  • Ramah dan sopan
  • Seragam khusus pelayanan
  • Khusus untuk penyandang cacat , petugas harus membantu dalam pelayanannya

Untuk Pelanggan :
  • Tersedianya Ruang Tunggu;
  • Tersedianya Locker;
  • Meja dan Kursi Baca;
  • Tersediannya informasi melalui media cetak dan elektronik (Leaflet, Brosur, Anjungan Pelanggan, Katalog Buku, dll);
  • Tersedianya WC Umum;
  • Tersedianya Tempat Parkir.
 
 5 Menit  Tidak ada biaya
 3 Layanan Kerjasama Pinjam Pakai Buku Koleksi Perpustakaan :
  • Lembaga Desa/Kelurahan, Sekolah, Pondok Pesantren, PKK, MPK Sikib, lembaga lain yang mempunyai kekuatan hukum, melakukan koordinasi awal pelaksanan kerjasama pinjam pakai.
  • Kasubbid pengembangan mendata nama, alamat kantor, nomor telepon yang bisa dihubungi penanggung jawab dalam perjanjian tersebut;
  • Kasubid pengembangan menyampaikan formulir pendaftaran anggota minimal 25 orang calon untuk diisi & di kirim kembali.
  • Kasubbid pengembangan menyampaikan CD daftar koleksi buku;
  • Kasubbid pengembangan mengetik draf perjanjian kerjasama, meneliti dan paraf;
  • Draf disampaikan ke Kabid Pengembangan Perpustakan untuk diteliti ulang dan diparaf;
  • Perjanjian kerjasama disampaikan kepada lembaga yang mengajukan kerjasama untuk ditandatangani, distempel dan diberi nomor;
  • Lembaga menyampaikan formulir pendaftaran anggota beserta persyaratannya;
  • Perjanjian kerjasama dibawa ke Kabid Pengembangan Perpustakaan untuk disampaikan kepada Kepala Badan untuk ditandatangani melalui Sekretaris Badan;
  • Perjanjian kerjasama turun ke Sekretaris selanjutnya disampaikan ke Kasubag umum untuk distempel dan diberi nomor surat keluar;
  • Perjanjian kerjasama disampaikan ke lembaga yang mengajukan kerjasama oleh Subbid Pengembangan;
  • Lembaga membuat daftar buku  yang akan dipinjam;
  • Petugas pelayanan menyediakan buku yang akan dipinjam sesuai daftar usulan;
  • 100 eksemplar buku dipinjam selama 1 bulan.
 
Persyaratan Kerjasama Pinjam Pakai Buku :
  • Memiliki gedung/ruang Perpustakaan sendiri;
  • Menandatangani perjanjian kerjasama;
  • Menjadi anggota perpustakaan minimal 25 orang;
  • Rotasi peminjaman buku satu bulan maksimal 100 eksemplar.
 

 Untuk Petugas Pelayanan :

  • Meja dan kursi front office;
  • Komputer;
  • ATK;
  • CD berisi koleksi buku
  • Daftar Pinjaman;
  • Telepon/Faximile;
  • Almari Penyimpanan.

Kompetensi Petugas :
  • Ijazah SMA, diutamakan S1
  • Mampu  mengoperasikan komputer
  • Aktif, inovatif dan kreatif
  • Ramah dan sopan
Untuk Pelanggan :
  • Tersedianya Ruang Tunggu;
  • Tersedianya informasi melalui media cetak dan elektronik (Leaflet, Brosur, Anjungan Pelanggan, dll);
  • Tersedianya WC Umum;
  • Tersedianya Tempat Parkir.
 1 Minggu  Tidak ada biaya
 4 Layanan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) :
  • Pemustaka datang ke lokasi Mobil Perpustakaan Keliling sesuai jadual;
  • Pemustaka mencatat nama, alamat, status di buku kunjungan;
  • Pemustaka melihat dan memilih buku yang ada;
  • Pemustaka menerima layanan kunjungan MPK dan baca ditempat;
  • Pemustaka mengembalikan buku setelah seselai membaca, dan petugas mencatat pada buku daftar pengembalian dilanjutkan mengurutkan buku kembali berdasarkan klasifikasi buku semula.
 Persyaratan Layanan MPK :

    Baca di tempat selama 2 jam.
 
Untuk Petugas Pelayanan :
  • Mobil Perpustakaan Keliling;
  • Buku bacaan;
  • Buku daftar hadir;

 


Last Update:10-02-2012 18:57